SEKRETARIAT : PP Darul Ulum II Alwahidiyah Sarganding Gersempal Sampang, Telp 081937244767

Jumat, 11 Juli 2014

Tentang Tasbih (Ilmu tambahan buat yang suka Tasbih)

sumber : https://www.facebook.com/groups/185009064846941/permalink/893655080648999/

قال محي الدين النووي في تهذيب الاسماءواللغة:السبحة بضم السين واسكان الباء خرز منظومة يسبح بهامعروف يعتادهااهل الخير ماخودة من التسبيح
Berkata orang imam nawawi didalam kitab asma'waa lughot subha(tasbih):didommakan huruf sin nya dan disukun kan huruf ba' nya:yaitu batu batu kecil yang berlubang yang disusun yang dibuat alat tasbih(ber dizkir )yang sudah dikenal membiasakan menggunakan nya orang-orang yang khoir(yang berbuat kebaikan)dia ambil kan kata tasbih.


والسبحة جائزة لعد الاذكاربها بل مستحبة اذاكانت عدد الذكر غير المعدودة
Dan subhah hukum nya boleh(dalam islam)untuk berdizkir menggunakan nya bahkan sunnah jika hitungan dizkir nya tidak bisa dihitung.

اخرج ابو داود عن عائشة بنت سعد بن وقاص عن ابيها انه دخل مع النبي صلي الله عليه وسلم علي امرأة وبين يديهانوي او حصي تسبح به فقال:اخبرك بما هو ايسر من هذااوافضل،فقال سبحان الله عددماخلق في السماء،اه
Mengeluarkan hadist imam abu dawod dari aisha binti sa'di bin waqos dari bapak nya ra,sesungguhnya dia bersama nabi saw memasuki suatu tempat wanita dan ditangan wanita tersebut ada batu-batu kecil wanita tersebuta sambil bertasbih menggunakan batu tersebut,maka bersabda nabi saw:aku akan memberimu kabar(mengajari)dengan sesuatu yang lebih mudah atau lebih utama dari ini(bacaan si wanita tersebut)maka bersabda nabi saw:maha suci allah sebanyak ciptaaannya yang di langit,

واخرج ابو داود والترمذي والنسائ عن ابن عمرو قال رأيت النبي صلي الله عليه وسلم يعقد التسبيح
زاد ابو داود منقولا عن بعض رواته :بيمينه
وفي رواية الترمذي :بيده
Dan dikeluarkan imam abu dawod dan tirmidzi dan nasa'I dari amar ra,berkata aku melihat nabi saw merangkai tasbih,menambahi abu dawod menukil dari riwayat-riwayat hadist dengan tangan kanan beliau saw:

Dan diriwayat tirmidzi:dengan tangan beliau saw,
واخرج الترمذي من طريق هاشم عن كنانة مولي صفية عنها قالت:دخل علي رسول الله صلي عليه وسلم و بين يدي اربعة الاف نواة اسبح بها،فقال :لقد سبحت بهذه،الا اعلمك باكثر مما سبحت به،فقلت بلي علمني:فقال:قولي سبحان الله عددخلقه
Dikeluarkan dari jalan hasim dari kananah budak shofia ra,berkata memasuki rumah ku rasullah saw,dan ditangan ku ada empat ribu. Biji kurma bertasbih diriku menggunakan nya,maka bersabda nabi saw:sungguh kamu (sofhia)telah bertasbih dirimu dengan ini,maukah kamu aku mengajari dari apa yang kamu tasbih dengan biji kurma itu,berkata shofia ra,yaa ajarilah diriku,berkata rasullah saw,berkata lah maha suci allah sebanyak ciptaanya
نصوص العلماء علي جوازالسبحة
Nash - nash ulama' boleh nya pakai tasbih
قال السيوطي في المنحة لم ينقل عن احد من السلف ولا من الخلف المنع من جواز عد الذكر
Berkata imam suyuti dikitab minah(dicetak bersama kitab beliau nama al fatawa)
Tidak ditemukan dari jaman orang-orang saleh(sesudah masa nabi)
Dan tidak pula orang - orang saleh sesudah jaman imam gozali larangan menggunakan tasbih untuk menghitung dzikir
وقال علي القاري في المرقاة في شرح حديث سعد المذكور :هذا اصل صحيح لتجويز السبحةلتقريره صلي الله علي وسلم تلك المرأة
Berkata imam ali qori dikitab almirqoh menerangkan hadist dari sa'ad yang telah disebutkan hadist nya:hadist ini adalah asal yang benar untuk membolehkan menggunakan tasbih karna ikrar nabi saw kepada wanita itu(yaitu beliau tidak melarang bahkan mengajari beliau sperti hadist yang didepan tadi)
فوائد اتخاد السبحة كثيرة
Faedah faedah menggunakan tasbih banyak
الاولي:الاستعانة علي دوام الذكر ،
Pertama:menolong terus menerus berdizkir
والثانية:اذاكان الانسان نظر الي سبحة ذكر انها الة ذكر فرجع ال ذكرربه
Dan kedua,jika manusia(muslim)jikab melihat tasbih maka ingat lah bahwa itu adalah alat berdizikir maka kembalih dia berdzikir kepada allah
والثالثةتشبه باهل الذكرالذي جاء في الحديث من تشبه بقوم فهو منهم
Dan ketiga menyerupai ahli dizkir yang ada pada hadist barang siapa yang menyerupai suatu kaum dia dari kelompok nya(para shohabat nabi saw yang telah disebutkan barusan)
والرابعة انها اداء لاكثر الاذكارالمحدودة
Dan keempat tasbih itu membantu memberbanyak hitungan dizkir
المسمي بالسبحة
Julukan bagi orang-orang yang bertasbih
ذكر السيوطي
Berkata imam suyuti
ان بعض
السلف كان يسميها بالمذكرة و بعضهم رابطةالقلوب،
Sesungguh nya jaman orang - orang saleh terdahulu menjuluki orang yang memakai tasbih dengan sebutan orang-orang yang berdizkir dan sebagian menjulukinya dengan orang-orang yang mengikat hati - hati mereka(yaitu dengan tasbih untuk berdizkir)
Aku memohon kepada allah smoga aku dan teman teman pemuda shufi dijadikan orang yang selalu bertasbih dan berdizkir kepada allah dan dikumpulkan dengan para nabi allah dan wali wali allah yang mana mereka selalu berdizkir menggunakan tasbih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar