SEKRETARIAT : PP Darul Ulum II Alwahidiyah Sarganding Gersempal Sampang, Telp 081937244767

Jumat, 25 Juli 2014

Berita Jatim memberitakan : Thariqat Naqsyabandiyah Gersempal mengenai Penetapan 1 Syawal

Berita Jatim memberitakan : Thariqat Naqsyabandiyah Gersempal mengenai Penetapan 1 Syawal

Ribuan Jemaah Thariqat Naqsyabandiyah Gelar Dzikir Akbar

Kamis, 24 Juli 2014 23:00:18
Reporter : Zamachsari
sumber : http://m.beritajatim.com/info_ramadan/213548/ribuan_jemaah_thariqat_naqsyabandiyah_gelar_dzikir_akbar.html#.U9LXAUCeqt8
Sampang (beritajatim.com) - Sambut Idul Fitri dan mendekatkan iman di saat bulan ramadhan, ribuan umat Thariqat Naqsyabandiyah Mudzhariyah Gersempal yang ada di Sampang Madura beserta ribuan jemaah dari kawasan Tapal kuda Jawa Timur malam ini melakukan sholat tarawih bersama dzikir akbar.
RKH Syaiful Jakfar, Rois Idharoh Thariqat Naqsyabandiyah Mudzhariyah Gersempal Sampang sekaligus putra KH.Jakfar Abdul Wahid yang merupakan guru besar sepiritual (Mursid) Naqsyabandiyah Gersempal Kecamatan Omben mengatakan ibadah Sholat tarawih dan dzikir kali ini untuk membersihkan diri dari segala dosa."Istilah Maduranya ini bersih-bersih menjelang perayaan hari kemenangan Idul Fitri," terang RKH Syaiful Jakfar, Kamis Malam (24/7/2014).

Disinggung mengenai penetapan 1 Syawal yang biasanya dilaksanakan lebih awal seperti pengikut Thariqat Naqsyabandiyah di Padang, RKH.Syaiful menegaskan jika Thariqat Naqsyabandiyah Gersempal Sampang tidak sama dengan yang ada di Padang. "Kita menentukan 1 syawal tetap mengikuti pemerintah dan melakukan musyawarah dengan Ulama Nahtdlatul Ulama (NU)," tuturnya.
Masih kata RKH.Syaiful Jakfar meski pihaknya menentukan 1 Syawal berdasarkan keputusan pemerintah namun bila ada jemaah Thariqat Naqsyabandiyah melihat tanda-tanda itu adalah kewenangan masing-masing jemaah.

" Nasqsabandiyah Gersempal Sampang ini adalah nama bagi orang-orang untuk mendekatkan diri kepada Allah bukan menyimpang dari kesepakatan NU yang berlandaskan Ahli Sunah Waljamaah. Sekali lagi saya tegaskan penetapan 1 syawal itu jatuh pada kesapakatan ulama dan pemerintah, namun bila ada jemaah Naqsyabandiyah melakukan perayaan 1 syawal menurut metode mereka kami tetap menghargainya karena pertangung jawabanya adalah di sisi Allah."pungkasnya.(sar/ted)

 Ramadhan, Thariqat Naqsyabandiyah Sampang Ikut Pemerintah
Kamis, 26 Juni 2014 14:50:17
Reporter : Zamachsari
 sumber : http://m.beritajatim.com/peristiwa/211055/ramadhan,_thariqat_naqsyabandiyah_sampang_ikut_pemerintah.html#.U9LW-UCeqt8

Sampang (beritajatim.com) - Meski Thariqat Naqsyabandiyah di Padang Sumatera Barat dipastikan mulai berpuasa pada Jumat 27 Juni 2014, berbeda dengan jemaah Thariqat Naqsyabandiyah Mudzhariyah Gersempal yang ada di Sampang Madura.

Rois Naqsyabandiyah Mudzhariyah Gersempal KH.Syaiful Jakfar putra dari pengasuh Pondok Pesantren Darul ulum 2 Al-Wahidiyah KH. Ahmad Jakfar Abdul Wahid, mengatakan, untuk nama, dzikir dan ajaranya boleh sama, akan tetapi untuk puasa di bulan ramadan tetap mengikuti hasil kesepatan para ulama dan kyai.
"Untuk berpuasa kita tetap mengikuti aturan pemerintah sesuai ketetapan hasil rapat para ulama yang biasanya akan diumumkan di media massa oleh mentri agama," terang KH.Syaiful Jakfar di balik sambungan telepon, Kamis (26/6/2014).

Lebih lanjut salah satu pengasuh pondok pesantren Darul Ulum 2 al-wahidiyah Desa Gersempal Kecamatan Omben Kabupaten Sampang ini mengatakan, selain puasa penentuan hari raya Idul Fitripun jemaah Thariqat Naqsyabandiyah Mudzhariyah Gersempal asuhan KH. Ahmad Jakfar Abdul Wahid yang tersebar di manapun juga dihimbau untuk mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai hasil kesepakatan bersama.

"Kami menghimbau kepada jemaah Thariqat Naqsyabandiyah Mudzahariyah asuhan KH.Ahmad Jakfar Abdul Wahid di manapun berada untuk tetap melaksanakan hari kemenangan Idul fitri nanti dan tetap mengikuti hasil kesepakatan para ulama," tandasnya. [sar/but]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar