Saya
akan menukil pendapat dua imam besar dan tidak asing lagi bagi
orang-orang fiqh di madzahab safi'I yang jadi rujukan dan pegangan
ulama'dunia didalam madhab safii tentang pendapat (fatwa
nya ) harara / jadzab /wajd
1. Ibnu hajar al-haitami سئل ابن حجر الهيتمي عن الرقص الصوفية و تواجدهم هل له اصل أم لا..؟
فأجاب بقوله نعم له اصل فقد روي أن جعفر بن أبي طالب رقص بين يدي النبي
صلي الله عليه و سلم لما قال له: أشبهت خلقي و خلقي، و ذلك من لذة الخطاب و
لم ينكر عليه النبي صلي الله عليه و سلم ، وقد صح التمايل و الرقص عن
جماعة من كبار الأئمة منهم الشيخ عز الدين بن عبد السلام
Ditanya
ibnu hajar al-haitami dari tarian ( getaran ) shufi dan harara / jadzab /
wajd mereka (orang - orang toriqoh ) apa kah kelakuan mereka mempunyai
dasar apa tidak (didalam agama islam ) ....???? Maka ibnu hajar
al- haitami menjawab iya kelakuan mereka (harara / jadzab / wajd ) ada
dasar nya (didalam islam) maka sungguh di riwayatkan sesungguh nya
jakfar bin abi tolib menari (bergetar) di depan nabi saw dikala nabi saw
bersabda kepada beliau ( jakfar ) kamu menyerupaiku dan akhlak ku, dan
karna itu dia merasakan keni'matan berkata kata (bersama nabi saw) dan
nabi pun tidak ingkar kepada nya (tidak melarang nya dan tidak boleh
bagi nabi membiarkan perkara dosa didepanya, tapi nabi membenarkan akan
kelakuan jakfar) dan benar (dibenarkan dalam islam) tubuh bergetar (
didalam islam ) tarian dari ulama'-ulama' besar sebagian dari mereka
adalah shaikh izzuddin bin abdus salam (sultonul ulama' pengarang
qowa'idul kubro didalam madzab safii)
2. Romlie shogir (julukan safii kecil)
سئل خاتم المحققين خير الدين الرملي عما اعتاده الصوفية من حلق الذكر و
الجهر به في المساجد من جماعة ورثوا ذلك عن أبائهم و أجدادهم و ينشدون
القصائد الصادرة عن ذوي المعارف الإلهية كالقادرية و السعدية ممن سلمت لهم
فقهاء الملة المحمدية و يقولون : يا شيخ عبد القادر يا شيخ أحمد يا رفاعي
شئ لله عبد القادر و نحو ذلك إلي أخر السؤال
Ditanya penutup ahli
tahqiq khoiruddin romli dari suata perkara kebiasaan orang-orang shufi
(toriqoh) di halqoh (kumpulan) dzikir dan mengeraskan dengan dzikir-nya
di masjid-majid secara bersama-sama yang mereka peroleh dari bapak bapak
( meneruskan / mengamalkan ilmu orang tua nya ) sesudah itu membaca
qosidah tentang ketuhanan (pujian kepada allah) seperti toriqoh
qodiriyah dan sa'diyah yang selamat ahli fiqih dari mereka (kelompok
shufi, karna kebanyakan orang-orang fiqh kurang menyukai amalan ahli
toriqoh ) dan mereka berkata (toriqoh) wahai shaikh abdul qodir,wahai
shaikh ahmad, wahai shaikh rifai'I perkara yang kami cari karna allah
swt abdul qodir dan semacam nya sampai akhir soal,
فأجاب:
بما حاصله أن الامور بمقاصدها و الأعمال بالنيات إلي ان قال : حقيقة ما
عليه الصوفية لا ينكر ها إلا كل نفس جاهلة غبية و أما حلق الذكر و الجهر به
و إنشاد القصائد فقد جاء في الحديث ما اقتضي طلب الجهر به نحو قوله في
الحديث القدسي :وأن ذكرني في ملأ ذكرته في ملإ خير منه، رواه البخاري و
المسلم و الترمذي و إبن ماجه و أحمد و ان ذلك تتعدي فائدته الي السامعين و
يوقظ قلب الذاكر و بجمع همته الي الذكر و يصرف سمعه اليه و يطرد النوم و
يزيد النشاط، إه
Maka menjawab imam romlie: Dengan kesimpulan
Sesuatu berkara itu tergantung niat (karna harara / wajd/ jadab itu
bukan kesengajaan) dan setiap amal itu tergantung niat nya, sampai
keperkataan : kenyataan perbuatan orang-orang shufi (yang benar yaitu
ahli toriqoh) tidak akan mengingkarinya kecuali diri nya seorang yang
bodoh dan goblok(maka dia akan berprasangka buruk).
Adapun
kumpulan berdzikir dan mengeraskan (atau di tempat2 umum untuk si'ar
dzikir) atau baca pujian-pujian kepada allah maka sungguh datang suatu
hadist (sabda nabi) yang menuntut untuk mengeraskan (berdzikir di
tempat2 umum demi si'ar nya dzikir).
Seperti sabda
nabi saw hadist qudsi (wahyu dari allah tetapi kalimat nya nabi yang
menyusun dan bukan qur'an) dan dia mengingat ku di keramaian dan
aku(allah) pun akan mengingat nya di keramaian pula (dihadapan makhluq
nya seperti malaikat nabi dan lain nya di hari kiamat nanti ) itu lebih
baiik bagi nya, hadist riwayat bukhori dan muslim dan tirmidzi dan ibnu
majah dan ahmad, karna berdzikir di tempat2 keramaian faidah nya akan
sampai kepada (telinga-telingan) orang yang mendengarkan dan dan dzikir
dikeramaian itu mengumpulkan keinginan untuk berdzikir dan dzikr di
keramaian itu menyebab kan ada kemauan untuk mendengarkan dzikir dan
dzikir di keramaian itu akan memukul terus hati untuk berdzikir, dan
dzikir di keramain itu menyingkirkan akan tidur, dan dzikir dikeramaian
itu akan menambah semangat(untuk berdzikir kepada allah).
Mohon maaf bila ada penerjamaan nya kurang pas karna saya terjamah sesuai apa yang saya pahami..... Jika salah murni dari diri saya Dan jika benar murni pemberian allah swt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar