SEKRETARIAT : PP Darul Ulum II Alwahidiyah Sarganding Gersempal Sampang, Telp 081937244767

Selasa, 08 Juli 2014

Tentang Pendapat (fatwa nya ) harara / jadzab /wajd

sumber :  https://www.facebook.com/groups/185009064846941/permalink/764129093601599/
Bismillahirrahmanirrahim
Saya akan menukil pendapat dua imam besar dan tidak asing lagi bagi orang-orang fiqh di madzahab safi'I yang jadi rujukan dan pegangan ulama'dunia didalam madhab safii tentang pendapat   (fatwa nya ) harara / jadzab /wajd 
1. Ibnu hajar al-haitami
سئل ابن حجر الهيتمي عن الرقص الصوفية و تواجدهم هل له اصل أم لا..؟

فأجاب بقوله نعم له اصل فقد روي أن جعفر بن أبي طالب رقص بين يدي النبي صلي الله عليه و سلم لما قال له: أشبهت خلقي و خلقي، و ذلك من لذة الخطاب و لم ينكر عليه النبي صلي الله عليه و سلم ، وقد صح التمايل و الرقص عن جماعة من كبار الأئمة منهم الشيخ عز الدين بن عبد السلام

Ditanya ibnu hajar al-haitami dari tarian ( getaran ) shufi dan harara / jadzab / wajd mereka (orang - orang toriqoh ) apa kah kelakuan mereka mempunyai dasar apa tidak (didalam agama islam ) ....????

Maka ibnu hajar al- haitami menjawab iya kelakuan mereka (harara / jadzab / wajd ) ada dasar nya (didalam islam) maka sungguh di riwayatkan sesungguh nya jakfar bin abi tolib menari (bergetar) di depan nabi saw dikala nabi saw bersabda kepada beliau ( jakfar ) kamu menyerupaiku dan akhlak ku, dan karna itu dia merasakan keni'matan berkata kata (bersama nabi saw) dan nabi pun tidak ingkar kepada nya (tidak melarang nya dan tidak boleh bagi nabi membiarkan perkara dosa didepanya, tapi nabi membenarkan akan kelakuan jakfar) dan benar (dibenarkan dalam islam) tubuh bergetar ( didalam islam ) tarian dari ulama'-ulama' besar sebagian dari mereka adalah shaikh izzuddin bin abdus salam        (sultonul ulama' pengarang qowa'idul kubro didalam madzab safii)

2. Romlie shogir (julukan safii kecil)
سئل خاتم المحققين خير الدين الرملي عما اعتاده الصوفية من حلق الذكر و الجهر به في المساجد من جماعة ورثوا ذلك عن أبائهم و أجدادهم و ينشدون القصائد الصادرة عن ذوي المعارف الإلهية كالقادرية و السعدية ممن سلمت لهم فقهاء الملة المحمدية و يقولون : يا شيخ عبد القادر يا شيخ أحمد يا رفاعي شئ لله عبد القادر و نحو ذلك إلي أخر السؤال

Ditanya penutup ahli tahqiq khoiruddin romli dari suata perkara kebiasaan orang-orang shufi (toriqoh) di halqoh (kumpulan) dzikir dan mengeraskan dengan dzikir-nya di masjid-majid secara bersama-sama yang mereka peroleh dari bapak bapak ( meneruskan / mengamalkan ilmu orang tua nya ) sesudah itu membaca qosidah tentang ketuhanan (pujian kepada allah) seperti toriqoh qodiriyah dan sa'diyah yang selamat ahli fiqih dari mereka (kelompok shufi, karna kebanyakan orang-orang fiqh kurang menyukai amalan ahli toriqoh ) dan mereka berkata (toriqoh) wahai shaikh abdul qodir,wahai shaikh ahmad, wahai shaikh rifai'I perkara yang kami cari karna allah swt abdul qodir dan semacam nya sampai akhir soal,

فأجاب:
بما حاصله أن الامور بمقاصدها و الأعمال بالنيات إلي ان قال : حقيقة ما عليه الصوفية لا ينكر ها إلا كل نفس جاهلة غبية و أما حلق الذكر و الجهر به و إنشاد القصائد فقد جاء في الحديث ما اقتضي طلب الجهر به نحو قوله في الحديث القدسي :وأن ذكرني في ملأ ذكرته في ملإ خير منه، رواه البخاري و المسلم و الترمذي و إبن ماجه و أحمد و ان ذلك تتعدي فائدته الي السامعين و يوقظ قلب الذاكر و بجمع همته الي الذكر و يصرف سمعه اليه و يطرد النوم و يزيد النشاط، إه

Maka menjawab imam romlie:
Dengan kesimpulan Sesuatu berkara itu tergantung niat (karna harara / wajd/ jadab itu bukan kesengajaan) dan setiap amal itu tergantung niat nya, sampai keperkataan : kenyataan perbuatan orang-orang shufi (yang benar yaitu ahli toriqoh) tidak akan mengingkarinya kecuali diri nya seorang yang bodoh dan goblok(maka dia akan berprasangka buruk). 

Adapun kumpulan berdzikir dan mengeraskan (atau di tempat2 umum untuk si'ar dzikir) atau baca pujian-pujian kepada allah maka sungguh datang suatu hadist (sabda nabi) yang menuntut untuk mengeraskan (berdzikir di tempat2 umum demi si'ar nya dzikir). 

Seperti sabda nabi saw hadist qudsi (wahyu dari allah tetapi kalimat nya nabi yang menyusun dan bukan qur'an) dan dia mengingat ku di keramaian dan aku(allah) pun akan mengingat nya di keramaian pula (dihadapan makhluq nya seperti malaikat nabi dan lain nya di hari kiamat nanti ) itu lebih baiik bagi nya, hadist riwayat bukhori dan muslim dan tirmidzi dan ibnu majah dan ahmad, karna berdzikir di tempat2 keramaian faidah nya akan sampai kepada (telinga-telingan) orang yang mendengarkan dan dan dzikir dikeramaian itu mengumpulkan keinginan untuk berdzikir dan dzikr di keramaian itu menyebab kan ada kemauan untuk mendengarkan dzikir dan dzikir di keramaian itu akan memukul terus hati untuk berdzikir, dan dzikir di keramain itu menyingkirkan akan tidur, dan dzikir dikeramaian itu akan menambah semangat(untuk berdzikir kepada allah).

Mohon maaf bila ada penerjamaan nya kurang pas karna saya terjamah sesuai apa yang saya pahami.....
Jika salah murni dari diri saya
Dan jika benar murni pemberian allah swt

SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar